Rabu, 17 April 2013

cara mudah untuk memahami entri jurnal umum debit dan kredit

untuk para pelajar yang masih bingung mengenai pelajaran akuntansi bagian jurnal umum, disini saya akan membahas sedikit cara agar cepat memahami sebuah transaksi harus masuk sisi debit atau kredit sih? oke langsung saja, sebelumnya kita harus memahami sifat2 golongan akun yaitu harta, pendapatan, modal, utang, dan beban.

 harta bertambah masuk sisi debit dan jika berkurang masuk kredit
 pendapatan bertambah masuk sisi kredit berkurang masuk debit
 modal bertambah masuk kredit, berkurang masuk debit
 utang bertambah masuk kredit, berkurang masuk debit
 beban bertambah masuk debit, berkurang masuk kredit
contoh soal: bapak anton menyetor berupa peralatan sebagai modal awal untuk membuka bengkel sebesar 600.000, masukan transaksi tersebut ke dalam jurnal umum?

 jawabannya : peralatan 600.000 (d) dan modal 600.000 (k)

pembahasan : nah sebelumnya kalian harus paham terlebih dahulu peralatan itu termasuk ke dalam golongan apa? gampang kok nentuinnya, peralatan kn barang yang pak anton punya, berarti itu kan hartanya pak anton. jadi peralatan itu termasuk golongan harta. nah disini peralatannya bertambah, lihat golongan harta bertambah masuk sisi mana? masuk sisi debit, tulis peralatan di sebelah debit sebesar nominal yang tertera. selanjutnya karena jurnal umum antara sisi debit dan kredit harus imbang besarnya, jadi kita juga harus cari akun sebelah kreditnya apa? pak anton menyetor modal, berarti modal bertambah. lihat jika modal bertambah masuk sebelah mana? modal bertambah masuk sisi kredit. maka tulis modal bapak anton di sisi kredit dan jumlah nominalnya. Ok seperti itulah penjelasan singkatnya, semoga bermanfaat. request materi ekonomi/akuntansi yang lain boleh tinggalkan di komen bawah :)